Pada tanggal 31 Januari 2021, kelompok KKNM integratif virtual “Pemanfaatan limbah pertanian untuk Pakan Ternak “ yang dibimbing oleh dosen peternakan Dr. Ir. Iman Hernaman M.Si. serta Dr. Ir. Bambang Kholiq Mutaqin, S.Pt., M.Pt menggelar acara webinar dengan tema “Pengolahan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak Ruminansia” dengan narasumber dari dosen Fakultas Peternakan seperti Dr. Ir. Iman Hernaman, M.Si. ,Dr. Ir.Budi Ayuningsih, M.Si. , Ir. Atun Budiman, M.Si. , dan Bambang Kholiq Mutaqin, S.Pt., M.Pt.

Acara webinar ini dihadiri oleh 48 peserta yang kebanyakan berasal dari peternak-peternak tradisional. Peternak tradisional ini berasal dari berbagai macam daerah yang kebanyakan merupakan peternak sederhana yang hanya menngandalkan rumput sebagai pakan utama ternak mereka.Antusias peternak juga sangat besar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan dari para peserta webinar ini.

Acara webinar dimulai dengan sambutan dari mc untuk kepada hadirin,narasumber,serta dosen pengampu lapangan yang telah berkenan hadir dan mengikuti webinar,tak lupa juga doa dilantunkan untuk meminta keberkahan dan kesuksesaan webinar ini.Webinar lalu dilanjutkan sesi pre-test yang berfungsi menguji dan menilai pengetahuan peternak terhadap materi yang akan disampaikan.

Acara webinar dilanjut dengan materi pertama oleh dosen peternakan UNPAD,Dr. Ir. Iman Hernaman, M.Si. yang menyampaikan materi dengan judul “Pengolahan Jerami dengan Filtrat Abu Sekam”.Beliau menjelaskan bahwa pemanfaatan jerami padi secara tradisional  mempunyai banyak kendala yang menyebabkan kurang efektifnya kegiatan peternakan,beliau menerangkan dengan adanya pengolahan jerami padi dengan metode fitrat abu sekam dapat menambah efektivitas kegiatan peternakan

Acara webinar lalu dilanjutkan dengan materi “Jerami Amoniasi” yang diabawakan oleh dosen peternakan UNPAD Dr. Ir.Budi Ayuningsih, M.Si. .Beliau Menjelaskan pengertian dan juga manfaat dari pengolahan jerami padi dengan teknik amoniasi.Setelah dijelaskan,beliau mengajarkan kepada para peternak jenis-jenis teknik amoniasi dan juga cara melakukan teknik tersebut,lalu beliau menerangkan cara pemberian pakan yang telah diolah dengan teknik amoniasi.

Webinar Pengolahan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak Ruminansia
Poster Webinar Pengolahan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak Ruminansia

Selanjutnya acara webinar dilanjutkan oleh Ir. Atun Budiman, M.Si. yang menyampaikan materi dengan judul “Silase”. Pada materi kali ini beliau membuka dengan definisi istilah dan juga tujuan penggunaan metode silase pada peternakan,Lalu beliau menjelaskan tata cara serta langkah kerja pengolahan rumputan pakan ternak dengan teknik silase.Pematerian ditutup dengan tata cara pemberian silase yang baik ke ternak yaitu 30% dari jumlah total pakan ternak

Materi webinar lalu ditutup dengan materi dari Bambang Kholiq Mutaqin, S.Pt., M.Pt yang berjudul “Pengolahan Limbah Pertanian dengan Cara Hay”.Materi dimulai dengan penjelasan mengenai hay dan metode pembuatannya.Lalu materi dilanjutkan dengan pengenalan kualitas hay yg baik serta atta cara pembuatan.Materi diakhiri dengan tat cara pemberian hay yang tepat ke hewan ternak.

Sesi diskusi diisi dengan banyak pertanyaan dari peternak,sebanyak 4 pertanyaan terlontar dari peternak mengenai materi yang telah dari disampaikan.Kebanyakan pertanyaan diisi dengan tata cara pemberian pakan dengan pengolahan yang efektif dan efesien serta terkait keamanan limbah pertanian yang telah diolah.Semua pemateri menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan meyakinkan para peternak bahwa pengolahan limbah pertanian untuk pakan ternak aman dan efisien untuk kegiatan peternakan

Acara ini diakhiri dengan pengisian post-test oleh para peternak,kegiatan ini berfungsi untuk menguji dan menilai sampai di titik mana tingkat pemahaman peternak terhadap materi webinar ini.Hasil post-test ini juga akan daibandingkan dengan hasil pre-test sebelumnya untuk menguji peningkatan pemahan peternakan terhadap pengolahan pakan ternak dan sebagai salah satu indikator keberhasilan pematerian webinar ini.Hasil dari post-test dan pre-test cukup memuaskan dimana ada peningkatan pemahaman peternak terhadap pengolahan pakan ternak ruminansia, terutama dengan cara amoniasi, fitrat abu sekam padi, silsae, dan hay.

Dokumentasi Webinar Pengolahan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak Ruminansia

“Alhamdulillah saya merasa terbantu dan mendapatkan tambahan ilmu dengan adanya webinar, mudah”an ilmunya bisa saya manpaatkan untuk kemajuan petrnakan” kata pak Ade peternak sapi sekaligus kepala dusun desa cintaratu yang mengikuti kegiatan webinar ini.

“Alhamdulillah,terima kasih telah mengikut sertakan bapa di webinar kemarin.Untuk petani ternak seperti bapa sangat terbantu sekali tentunya. Alangkah lebih baik kalau ada lagi webinar2 selanjutnya yang lebih tepat pengelolaan waktu yang luas untuk setiap pemateri, sehingga tidak terkesan di buru2 waktu” Kata pak Mulyadi,peternak kambing asal pangandaran yang ikut webinar ini.

Webinar KKNM integratif virtual yang berjudul “Pengolahan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak Ruminansia” akhirnya rampung dan berjalan sukses,Materi-materi yang disampaikan dosen-dosen dari fakultas peternakan UNPAD sangat berguna bagi para peternak karena berpotensi mengurangi beban biaya,waktu,dan tenaga peternak terkait penyediaan makan ternak.Pengolahan pakan ternak yang tadinya tidak tahan lama menjadi bahan pakan tahan lama akan membuat kegiatan peternakan efisien dan ekonomis.

Liputan : Unggul Panji Kusuma | Perikanan PSDKU Pangandaran 2018


    0 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Avatar placeholder

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    id_IDIndonesian